Cara Cek Kesehatan Baterai Android

 


Pernahkah kalian merasa baterai 100% tetapi baru dipakai sebentar saja sudah berkurang banyak?

Baterai sebuah smartphone memiliki kemampuan menyimpan daya yang semakin lama kita gunakan akan melemah kemampuannya sehingga tidak bisa optimal seperti saat pertama kita beli. 

Bisa juga kemampuannya cepat berkurang karena pemakaian kita yang kurang benar. Misalnya mencharger HP dengan Charger abal-abal atau terlalu sering menggunakan powerbank.

Kemampuan baterai menyimpan daya itu biasanya di sebut dengan Kesehatan baterai Atau battery health. 

Battery health menjadi hal paling penting dalam sebuah smartphone, karena seberapapun canggih smartphone tersebut jika baterainya boros menjadi terasa percuma.

Lantas bagaimana cara cek kesehatan baterai android atau cara cek battery health di android?

Untuk mengeceknya kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bernama AccuBattery yang kalian bisa download di playstore.

Oke, sekarang begini cara cek kesehatan baterai android :

  • Pertama kalian pastinya harus download dulu aplikasi AccuBattery di playstore.
  • Jika sudah, kalian buka aplikasinya dan akan melihat sebuah tampilan seputar informasi baterai kalian di menu Charging. Pada menu ini kalian scroll layar ke bawah sampai menemukan tulisan Battery Capacity Estimate atau estimasi kapasitas baterai. (lihat gambar)
    cara cek kesehatan baterai android

  • Pada menu Battery capacity Battery kalian klik SET DESIGN CAPACITY yang berwarna hijau dan isi dengan kapasitas baterai hp kalian. Disini saya isi kapasitas baterai saya adalah 4300MAh. kalian bisa search di google kapasitas baterai kalian karena setiap Hp berbeda kapasitasnya.
  • Selanjutnya, ini yang paling penting. Kalian harus habiskan dulu baterai sampai tersisa 1% kemudian charger hp kalian sampai 100%.(Jangan gunakan HP saat sedang di charge untuk hasil maksimal)
  • Jika sudah selesai charge sampai 100%, kalian buka lagi aplikasi AccuBattery nya. lalu klik menu Health. Disini kalian akan menemukan informasi kesehatan baterai kalian. Perhatikan gambar di bawah. Kesehatan baterai saya adalah 88% yang artinya, saat HP di charge dan sudah 100% tetapi sebenarnya isi real baterai tersebut adalah 3773MAh, dari yang seharusnya 4300MAh.
    cara cek kesehatan baterai android

Jadi dari sini bisa ketahui sebabnya kenapa baterai android semakin cepat habis. Karena memang kemampuan daya tampung baterai kita sudah tidak 100% lagi.

Demikian tutorial cara melihat kesehatan baterai android, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Cek Kesehatan Baterai Android"

  1. Mantab gan infonya, ternyata emang batere hp ane udah waktunya buat ganti..

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya, tapi biasanya klo batre abis sya beli hp baru aja gan

    ReplyDelete
  3. makasih gan besok saya ganti baterenya sama alkaline aja

    ReplyDelete
  4. PcT - Ford Escape Titanium 2021
    The Ultimate Guide To titanium prices the PcT - A Step-By-Step Guide To Getting Started titanium mens ring On the PcT - With is titanium a metal This Simple Guide On titanium wallet An easy, step-by-step guide for getting Started On The PcT microtouch trimmer

    ReplyDelete