cara refund tiket kereta api (KAI) dari semua aplikasi pembelian tiket online

Halo sobat alfandroid, ditengah pandemi corona ini semua perjalanan kereta api dibatalkan. kalian pun juga tidak akan bisa mudik karena PSBB. lantas bagaimana cara membatalkan tiket kereta api yang sudah kalian beli?

kita perlu pahami bahwa saat ini refund tiket saat ini sudah bisa dilakukan secara online meskipun kalian beli tiket tersebut dari alfamart,indomaret, traveloka, tiketcom, dll. 

lantas bagaimana cara merefund tiket kereta api dari berbagai aplikasi online tersebut?

mari kita mulai tutorialnya: 
  1. pertama kalian perlu memiliki salah satu rekening bank BCA,mandiri,BRI, atau cimb niaga. kemudian mendownload aplikasi KAI ACCESS
    cara refund tiket kai
  2. selanjutnya kalian mendaftar di kai access menggunakan email dan nomor telepon, dan no.ktp harus sama dengan yang digunakan untuk membeli tiket. INGAT: untuk bisa refund,akun kai access ini harus merupakan akun salah satu penumpang kereta. jika anda membelikan tiket untuk orang tua berarti harus nama orang tua anda yang buat akun kai access. sampai disini paham ya?
  3. jika sudah, siapkan kode boking yang ada pada tiket kalian. contohnya seperti berikut: 
    cara refund tiket kai
  4. selanjutnya kalian buka aplikasi kai access kemudian masuk ke menu tambahkan tiket, kemudian masukkan kode boking kalian.
    cara refund tiket kai
  5. jika kode yang kalian masukkan benar, maka akan muncul seperti ini kalian tinggal klik tambahkan tiket.
    cara refund tiket kai
  6. selanjutnya kalian bisa masuk ke menu tiket dan klik detail perjalanan yang akan kalian refund.
    cara refund tiket kai
  7. kemudian kalian scroll ke bawah sampai ketemu opsi PEMBATALAN.
    cara refund tiket kai
  8. kemudian kalian ceklist semua data penumpang yang ingin di refund dan juga syarat & ketentuan di isi juga. selanjutnya kalian isi data pemilik rekening dan juga nama banknya. 
    cara refund tiket kai
  9. setelah itu kalian cek ulang semua datail jangan sampai salah rekening atau pemilik rekening. jika sudah kalian klik saja pembatalan tiket. 
sampai disini kalian sudah selesai melakukan pembatalan tiket kereta api. kalian tinggal menunggu dana masuk ke rekening dengan estimasi waktu 30 - 45 hari kerja.

demikian tutorial cara melakukan pembatalan tiket kereta api semoga bermanfaat. jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "cara refund tiket kereta api (KAI) dari semua aplikasi pembelian tiket online"

  1. Thanks pak,, tapi kalau rekening bri nya kosong gmna pak, jdi sedih

    ReplyDelete